Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Hamil

0
12
makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil

Apa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil? Biasanya selama kehamilan, tubuh ibu sering lemah dan menghadapi banyak penyakit berbahaya. Jadi apa yang harus dimakan untuk meningkatkan daya tahan ibu hamil? Berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan.

Daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil

1. Makanan kaya zat besi

Peran zat besi dan sistem kekebalan tubuh ibu sangat penting. Penambahan makanan kaya zat besi akan mendukung sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tidak ada cukup zat besi di dalam tubuh, sang ibu akan selalu memiliki perasaan letih, bahkan pusing, sakit kepala, kulit pucat. Jadi selama kehamilan, ibu hamil perhatikan sebaiknya melengkapi banyak makanan kaya zat besi. seperti daging merah, ayam, sayuran berdaun hijau dan kacang polong untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil!

2. Makanan kaya akan vitamin C

Influenza dengan demam, nasofaringitis, ruam adalah penyakit yang mudah didapat saat cuaca berubah, yang juga merupakan penyakit yang paling banyak ditemui ibu hamil saat hamil. Cara terbaik untuk menghindari terinfeksi adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari dengan menambahkan makanan yang kaya vitamin C. Oleh Vitamin C, ini meningkatkan kemampuan sel darah putih. Ini membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, yang mencegah masuknya virus, meningkatkan kemampuan bakteri untuk membunuh dan tahan terhadap agresor luar. Makanan yang kaya akan vitamin C meliputi jeruk, lemon, mandarin, paprika, sereal, stroberi, jambu biji, jeruk bali, kiwi, nanas, anggur, pepaya.

3. Makanan kaya akan vitamin A

Vitamin A dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin A menyebabkan tubuh mengurangi resistensi terhadap penyakit, dan lebih rentan terhadap infeksi serius, terutama campak, diare dan infeksi pernafasan, dan berisiko tinggi terhadap penyakit seperti tetanus, tuberkulosis, campak. Oleh karena itu, selama kehamilan, untuk memastikan kesehatan yang baik, ibu harus memilih buah jeruk ringan seperti wortel, tomat, labu, aprikot, mangga atau sayuran hijau tua seperti brokoli akan mengandung berbagai vitamin A. Saat memasuki tubuh, zat ini akan berubah menjadi vitamin A, membantu sistem pernafasan selalu sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, ibu sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak vitamin A makanan kaya ke tubuh karena bisa menyebabkan cacat lahir pada janin.

4. makanan kaya seng

Seng adalah nutrisi penting dari tubuh, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengembangkan sel darah putih, sel kekebalan tubuh, sehingga mengenali dan menghancurkan bakteri dan virus yang membawa penyakit invasif. masukkan tubuh Oleh karena itu, kekurangan seng dapat menyebabkan wanita hamil untuk meningkatkan risiko penyakit menular seperti demam, demam, ruam. Suplemen ibu hamil harus kaya zinc seperti: daging sapi, daging domba tanpa lemak , ayam, tiram, lobak, kacang polong, kuning telur, ubi jalar.

5. Makanan kaya akan Protein

Protein akan memberi ibu energi vital dalam tubuh, dan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif, sehingga ibu harus memberi perhatian khusus untuk melengkapi makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur, daging tanpa lemak, tahu pada menu makanan setiap hari!

6. Susu dan produk susu

Jika menyangkut makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh, kita tidak bisa lagi menyebutkan susu dan produk susu. Dalam susu mengandung lebih banyak kalsium, protein, vitamin D dan fosfor – ini adalah nutrisi penting, membantu tubuh lebih sehat. Selain itu, yogurt mengandung banyak bakteri menguntungkan, terutama probiotik, yang membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik, dapat memerangi penyakit secara efektif, terutama penyakit umum seperti pilek, infeksi. telinga dan faringitis. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt rendah lemak dapat mengurangi risiko terkena flu setiap hari. Jadi, jangan lupa tambahkan makanan enak ini!

Cara meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil yang paling mudah dan paling efektif adalah penambahan nutrisi penting bagi ibu dan bayi. Bila kesehatan ibu sehat, ibu akan terhindar dari infeksi, demam, atau penyakit serius lainnya meningkatkan risiko malformasi bawaan. Jadi, ibu hamil harus perhatikan nutrisi lengkap yang disebutkan di atas!

Komentar Anda