Bolehkah Saat Hamil Makan Seledri?

0
123
Bolehkah saat hamil makan seledri

Bolehkah saat hamil makan seledri? Tumbuhan tidak hanya kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi tetapi juga mengandung sejumlah besar hormon dan minyak esensial yang sehat. Seledri kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan merupakan obat untuk banyak penyakit. Hasil analisis yang ditunjukkan pada 100 g seledri mengandung 88% air, protein 6,3%, 0,6% lipid, 2,1% unsur jejak seperti kalsium, fosfor, besi, serat 1,4% dan gula 1,6%, asupan kalori hanya 37%.

Manfaat seledri untuk ibu hamil

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Dengan menggunakan secangkir seledri dalam segelas susu selama 5-6 jam dan kemudian menggilingnya dan dibuat minuman secara langsung untuk dimunum akan membantu mengobati gangguan pencernaan, perut kembung dan masalah perut lainnya.

  • Insomnia kronis

Jus seledri dicampur dengan satu sendok makan madu, diminum setiap malam sebelum tidur. Ini akan membantu wanita hamil rileks dan mudah tidur setiap malam.

  • Konstipasi

Konstipasi adalah masalah bagi banyak wanita hamil. Seledri juga merupakan salah satu solusi untuk membantu wanita menyusui, mengurangi sembelit karena sayuran ini mengandung lebih banyak air dan serat.

  • Penyakit pernafasan

Seledri dapat membantu mengurangi kontraksi selama serangan asma, membatasi risiko bronkitis, pleuritis dan tuberkulosis.

  • Mencegah flu

Vitamin didalam seledri mengandung vitam C, A, E, B yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bagi wanita hamil untuk membantu mengurangi risiko influenza.

  • Bagus untuk perut

Bagi wanita hamil dengan riwayat gastritis, jus seledri bekerja dengan baik untuk menyeimbangkan pH darah dan menetralkan asam di perut.

  • Bisul dan peradangan

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa seledri membantu mengobati radang sendi, asam urat bermutu rendah. Dalam kasus jerawat rebus bisa menumbuk seledri dan memakai luka untuk mengurangi pembengkakan.

  • Tekanan darah tinggi

Wanita hamil dengan tekanan darah tinggi sering menimbulkan banyak komplikasi berbahaya bagi janin saat hamil. Anda bisa minum jus seledri setiap hari untuk mengurangi tekanan. Beberapa zat dalam seledri seperti kalsium, besi, fosfor, kaya akan protid, asam amino bebas,  membantu meningkatkan sirkulasi darah dan minuman yang baik untuk otak.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Kolorofil dapat mencegah infeksi jamur dan bakteri, juga efektif dalam menjaga persendian yang sehat dan mengurangi risiko osteoporosis selama kehamilan.

Selain manfaat dari nutrisi seledri, ibu hamil juga sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi seledri dengan dosis tinggi. Bila ibu hamil menggunakan 500 gram jus seledri per hari, ada risiko kejang pada rahim yang menyebabkan keguguran. Saat memilih sayuran sebaiknya pilih ranting kering yang renyah, kaku, dan yang masih segar dan seledri dapat gunakan dalam waktu 1 minggu jika disimpan di kulkas.

Sekian itulah tadi yang dapat kami jawab, jika ibu bertanya “Bolehkah saat hamil makan seledri?”. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi ibu saat hamil.

Komentar Anda