Para Ilmuwan Ini Menemukan Hiu yang Hidup di Dalam Gunung Berapi Bawah Laut Aktif

0
12

Berita7.idPada tahun 2015, sebuah tim ilmuwan mengirim robot yang dilengkapi kamera ke Kavachi, salah satu gunung berapi bawah laut yang paling aktif di barat daya Samudera Pasifik, di selatan Pulau Vangunu di Kepulauan Solomon.

Dikelilingi oleh air laut yang panas dan asam, lingkungan hampir tidak seperti tempat yang Anda harapkan hidup di laut berkembang. Itulah mengapa para ilmuwan begitu terkejut ketika mereka menemukan hewan yang hidup di dalam dan di sekitar gunung berapi – khususnya, hiu martil, hiu sutra, dan bahkan hiu tidur Pasifik yang langka.

“Penyelam yang sudah dekat dengan tepi luar gunung berapi harus mundur karena seberapa panas atau karena mereka mendapat luka bakar kulit ringan dari air asam,” kata Brennan Phillips, seorang anggota tim.

“Hewan-hewan besar ini hidup dalam apa yang Anda harus anggap lebih panas dan lebih banyak air asam, dan mereka hanya nongkrong,” tambah Phillips. “Itu membuat Anda mempertanyakan jenis lingkungan ekstrem apa hewan-hewan ini beradaptasi. Perubahan apa yang telah mereka alami? Apakah hanya ada hewan tertentu yang dapat bertahan?” 

Penemuan ini sungguh membingungkan, tapi satu hal yang pasti sangat senang mendengar hiu ini telah menemukan titik di mana mereka aman dari manusia.

Komentar Anda