Apakah Ngidam Makanan Manis Bisa Berbahaya Bagi Kehamilan?

0
27
Apakah ngidam makanan manis bisa berbahaya bagi kehamilan

Mengidam selama kehamilan sangat umum terjadi. Namun, saat nyidam ibu harus berhati-hati saat makan makanan manis saat hamil. Lalu, Apakah ngidam makanan manis bisa berbahaya bagi kehamilan?

Nyidam makanan manis selama kehamilan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan janin lahir prematur. Mengidam sering dijelaskan disebabkan hanya karena perubahan hormon yang kuat selama kehamilan, jadi selera makan ibu hamil terpengaruh dan menyebabkan ibu terlalu mendambakan makanan manis (dalam beberapa kasus). Kasus lainya adalah ibu memiliki keinginan makan makanan asin.

Ibu harus berhati-hati dengan kebiasaan makan manis saat hamil. Dengan ngidam ini, ibu akan sering mengkonsumsi makanan bergula seperti the manis, es krim, permen sehingga membuat ibu hamil berisiko terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Meski mengonsumsi makanan manis dapat merangsang indra perasa janin untuk berkembang, membuat tubuh lebih sehat dan menyegarkan, namun jika Anda makan terlalu banyak gula, manfaat kesehatannya tidak akan didapatkan. Saat hamil ibu bisa terkena diabetes atau obesitas pada kehamilan, risiko kekurangan nutrisi pada janin, menghalangi fungsi kekebalan tubuh, menyebabkan kerusakan gigi, radang gusi, mencegah penyerapan nutrisi penting, stres dan depresi pada janin dalam perut.

Apakah pemanis buatan aman bagi wanita hamil?

Pemanis seperti Aspartame dan sucralose adalah dua alternatif gula alami dan sering dipermanis dalam makanan manis dari produk industri. Saat ini, kedua zat ini dianggap aman dalam kehamilan karena tidak menimbulkan reaksi negatif terhadap wanita hamil jika dikonsumsi dengan benar saat diolah.

Selain itu, pemanis buatan seperti sakarin, ibu hamil harus membatasi penggunaannya karena selama pencernaan bisa menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan pada janin.

Beberapa makanan kaya gula atau tepung bisa dimakan tapi harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari risiko sakit pada kehamilan Anda.

Jika Anda mendambakan makanan manis, apa yang harus ibu hamil lakukan?

Ibu hamil bisa makan tepung, roti, biskuit, permen, tapi harus memisahkan cemilan untuk dimakan dan dimakan secara terpisah. Saat mengemil makanan manis seperti kue, permen sebaiknya makan tidak lebih dari 1-2 kali. Anda bisa makan cokelat selama kehamilan karena makanan ini bermanfaat untuk kehamilan.

Selain itu, wanita hamil bisa mengkonsumsi makanan manis lainya yang lebih sehat untuk kehamilan, dengan makanan sehat seperti yogurt, kedelai, anggur, apel, stroberi dan buah kering. Anda harus membatasi manfaat manis, seperti permen, selai, sirup, krim, kue kering, teh, sorbitol manis.

Itulah tadi yang dapat kami sampaikan jika ibu selama hamil ngidam makan makanan manis, dengan informasi di atas diharapkan ibu bisa mengetahui boleh atau tidaknya ibu mengkonsumsi makanan manis selama kehamilan dan apa saja bahaya makan makanan manis yang berlebihan selama hamil.

Komentar Anda