Apakah Bayi Dalam Kandungan Merasakan Rasa Makanan Yang Ibu Makan?

0
43
Apakah bayi dalam kandungan merasakan rasa makanan yang ibu makan

Selera makan ibu hamil selama kehamilan dan menyusui tidak sama dan tahukah Anda bahwa rasa pada makanan akan berkontribusi pada selera anak-anak di kemudian hari. Lalu, apakah bayi dalam kandungan merasakan rasa makanan yang ibu makan?

Padahal, saat bayi lahir, bayi merasakan rasa makanan melalui makanan sehari-hari ibu. Tapi selama kehamilan bayi akan menyerap nutrisi melalui cairan amnion ibu, sementara cairan amnion mencerminkan makanan yang ibu makan setiap hari. Bayi akan menyerap cairan amniotik lebih banyak pada trimester ketiga kehamilan untuk memenuhi perkembangan sistem tubuh dan kesempurnaan sistem sensorik.

Sebuah studi oleh Center for Environmental Epidemiology (Barcelona, Spanyol) menemukan bahwa ibu makan terlalu banyak kentang selama kehamilan, akan mempengaruhi selera makanan anak saat lahir. Ketika anak tumbuh besar, Anak mungkin akan membenci makanan yang berhubungan dengan kentang.

Cairan amniotik mencerminkan pola makan ibu

Jika Anda banyak mengonsumsi bawang putih atau gula, maka bau cairan amniotik bayi Anda juga berbau bawang putih atau memiliki rasa manis. Hal ini ditegaskan oleh dokter dan disimpulkan bahwa cairan ketuban akan berbau aneh saat ibu makan makanan pedas sebelum melahirkan.

Mulai 10-12 minggu, janin meminum cairan amnion ibunya setiap hari. Pada minggu ke-21, indra perasa bayi mulai tumbuh secara bertahap dan bayi belajar untuk makan. Janin kemudian akan membedakan rasa berbeda pada cairan amnion ibu, yang merupakan tahap menentukan untuk mengembangkan rasa untuk rasa bayi.

Studi lain juga menemukan bahwa jika janin menyerap larutan asin karena ibu sangat membutuhkan camilan asin selama morning sickness, kemungkinan cairan amnion juga cenderung asin.

Bagaimanapun, semua penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan ibu hamil akan mempengaruhi kebiasaan makan anak Anda di kemudian hari. Karena itu, selama kehamilan, sang ibu harus tahu cara membangun makanan sehat untuk membantu janin mengembangkan indra perasa lebih positif.

Jadi, jika ada yang bertanya apakah bayi dalam kandungan merasakan rasa makanan yang ibu makan? Jawabannya iya, karena sudah banyak penelitian yang membuktikan apa yang ibu makan maka bayi dalam kandungan juga akan merasakan rasa makanan yang ibu hamil makan. Oleh karena itu, selama kehamilan harus memperhatikan apa yang Anda makan. Berikut ini adalah makanan yang dapat meningkatkan indra perasa bayi sejak dalam kandungan.

Beberapa makanan untuk meningkatkan indra perasa janin sejak dalam kandungan

  • Telur

Telur, terutama telur ayam, biasanya mengandung protein dan kolin, yang memiliki efek positif pada perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat tabung saraf.

  • Daging merah

Jangan lupakan makanan ini di menu harian Anda. Daging merah adalah suplemen protein yang menjamin perkembangan janin sehat di rahim.

  • Ikan

Ikan menyediakan banyak mineral, protein, omega 3 untuk membantu ibu hamil memiliki kehamilan yang sehat, melengkapi sistem syaraf untuk bayi. Ahli gizi menyarankan wanita hamil untuk makan 2-3 porsi ikan, setara dengan 300-400 gram untuk memastikan nutrisi bagi ibu dan bayi.

  • Sayuran mengandung vitamin C

Sayuran adalah sumber serat, vitamin dan mineral untuk tubuh. Saat hamil, tubuh ibu perlu memastikan kebutuhan nutrisi seperti protein, zat besi, kalsium, serat untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Tak hanya itu, sayuran juga membantu ibu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh. Saran untuk wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi 4-5 porsi sayuran sehari selama kehamilan.

Sekian yang dapat kami sampaikan semoga pertanyaan ibu tentang apakah bayi dalam kandungan merasakan rasa makanan yang ibu makan,  sudah bisa ibu temukan jawabannya di atas.

Komentar Anda