Apa Penyebab Dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Trimester Pertama Kehamilan

0
74
Apa penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada trimester pertama kehamilan

Apa penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada trimester pertama kehamilan? Nyeri perut, disertai nyeri dada, juga dikenal sebagai perut kembung saat hamil, membuat wanita hamil tidak nyaman saat makan. Apa yang menyebabkan gejala ini? Bagaimana cara mencegah dan mengatasi perut kembung selama kehamilan?

1. Penyebab perut kembung pada saat hamil

Menurut Oriental Medicine, distensi perut, perut kembung, gangguan pencernaan adalah keluhan umum, dengan penyebab umum adalah karena diet tidak masuk akal sehingga menunda pencernaan makanan di perut dan usus. Jika tidak diobati akan mengakibatkan kembung, bersendawa, sering mual akan mempengaruhi nafsu makan, menyebabkan kesehatan ibu hamil menjadi buruk, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan, digoreng, berminyak, tinggi kafein, jus buah kalengan, air berkarbonasi, makanan pedas, gula dan pati merupakan penyebab perut kembung selama kehamilan dan harus dihindari.

2. Bagaimana cara mengobati perut kembung pada ibu hamil

  • Tidur dengan benar

Bantal tinggi, sedikit miring ke bawah saat tidur akan membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut kembung dan distensi perut.

  • Jauhi rokok

Bukan hanya karena merokok, asap rokok juga bisa membuat perut ibu semakin memburuk. Asap menyebabkan sakit maag, sehingga yang membuat perut terasa lebih tidak nyaman.

  • Membagi waktu makan

Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil harus membagi waktu makan dengan benar. Umumnya kita makan tiga kali dalam sehari, tapi ketika ibu hamil harus membagi waktu makanannya lebih banyak, sekitar 5-6 kali sehari dengan porsi kecil, untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Saat makan, cobalah mengunyah dengan hati-hati dan perlaha-lahan. Batasi minum sebelum makan.

  • Olahraga ringan

Sama sekali tidak berbaring segera setelah makan, sebagai gantinya cobalah berolahraga ringan, yang terbaik adalah berjalan setelah satu jam makan untuk merangsang sistem pencernaan.

3. Makanan yang membantu mengatasi perut kembung selama kehamilan

  • Cabai membantu merangsang nafsu makan dan membantu mencerna makanan dengan cepat jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Namun, makan terlalu banyak cabai tidak baik, terutama saat perut kosong. Ibu hanya boleh menambahkan sedikit cabai ke makanan untuk merangsang selera dan menatasi pertu kembung selama hamil.
  • Kentang yang bergizi dan tidak beracun, dapat membantu sirkulasi darah, merangsang keringat, diuretik, membantu meningkatkan ekskresi dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam usus. Sup kentang, kentang rebus atau dikukus, atau Anda bisa menambahkan bawang merah untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut kembung.
  • Bit dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, nyeri dada dan distensi perut. Selain ditambahkan pada makanan, Anda bisa membuat jus bit untuk mengurangi masalah pada perut.
  • Jahe adalah obat herbal alami yang membantu pencernaan, dispepsia dan sakit perut. Jahe bisa diolah dengan makanan, atau dibuat teh untuk diminum.
  • Lada hitam merangsang perut untuk menghasilkan asam klorida, yang membantu mencerna protein dan bahan-bahan lain yang tidak dapat dicerna. Kurangnya asam ini, dapat membuat makanan disimpan dan tidak dicerna, sehingga menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, kembung.

Sekian itulah yang dapat kami sampaikan tentang apa penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada trimester pertama kehamilan. Semoga dengan adanya informasi ini ibu dapat memperbaiki kondisi kesehatan selama kehamilan.

Komentar Anda