Anies Baswedan: Pembangunan Harus Seimbang, Jangan Sampai Kita Condong Ke Atas

0
8

Berita7.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar perencanaan pembangunan tidak hanya condong ke atas (baca: kepentingan kelompok atas). Tapi harus mengakomodasi kepentingan semua lapisan masyarakat.

Baca juga: 
Selain Puan dan Pramono, Setnov Juga Sebut Cagub Jateng dari PDIP Terima Uang Korupsi
LAGI-LAGI IMPOR! RI Impor 196.000 Ton Bawang Putih

“Jangan perencanaannya berat ke sekelompok orang, (tapi) harus seimbang untuk seluruh warga Jakarta Barat. Jangan sampai kita condong ke atas,” kata Anies, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Jakarta Barat di kantor walikota Jakbar, Kamis (22/3).

Perencanaan pembangunan itu, lanjut Anies, harus menjawab persoalan mendasar terkait kebutuhan masyarakat, khususnya bagi yang belum sejahtera.

Anies meminta jajarannya di Jakarta Barat merumuskan item-item untuk pembangunan sesuai kebutuhan di Jakarta Barat. Ia berpesan agar kebutuhan-kebutuhan sampai di level keluarga diperhatikan dengan seksama. Pembangunan tak boleh hanya terkait dengan kehidupan di luar rumah, tapi di dalam rumah yang justru lebih mendasar.

Ia mencontohkan, kebutuhan air bersih adalah salah satu kebutuhan paling mendasar. Jika tinggal di pedesaan dengan lahan yang luas, masyarakat bisa mengambil air dari mana saja dan buangannya juga bisa dialirkan ke mana saja. Tapi kalau di perkotaan, kata dia, sekedar untuk mendapatkan air saja sulit.

“Karena itu perencanaan pembangunan harus menggunakan asumsi kita berada di perkotaan. Yang kebutuhan-kebutuhan rumah tangga sering harus disiapkan infrastrukturnya oleh pemerintah,” ujar dia.

Pelaksanaan forum Musrenbang ini dalam rangka menyusun bahan masukan, bagi penyempurnaan RKPD tahun 2019, serta sebagai sarana sinkronisasi dan sinergitas dari aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah. Musrembang diharapkan dapat membantu mewujudkan visi dan misi Pemprov DKI 2017-2022.

Anies mengatakan, visi Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022 adalah Jakarta kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua. Ia berharap agar kemajuan, kesejahteraan serta keadilan dapat dirasakan semua keluarga di Jakarta. [erm]

Komentar Anda