Jokowi Siapkan Perpres Demi Permudah Pekerja Asing, JK Akui Rugikan Pekerja Lokal

    0
    87

    Berita7.id – Presiden Joko Widodo akan menyiapkan peraturan presiden (Perpres) demi memudahkan tenaga kerja asing ( TKA) yang masuk ke Indonesia. Hal ini dikatakan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

    ‘Iya Perpres,” kata Hanif kepada wartawan usai menghadiri rapat terbatas terkait penataan TKA di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018). Hanif mengatakan, Perpres tersebut nantinya akan menyederhanakan aturan-aturan mengenai TKA di semua kementerian dan lembaga.

    Dengan begitu, diharapkan tak ada lagi kerumitan saat TKA hendak mengurus izin bekerja di Indonesia. “Intinya semua akan ditata dengan prinsip dasar. Yang pada dasarnya boleh masuk harus dipermudah. Yang tidak boleh masuk misalnya, pekerja kasar, jangan sampai masuk,” kata Hanif.

    Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2018/03/06/21473501/jokowi-siapkan-perpres-demi-permudah-tenaga-kerja-asing.

    Lain halnya dengan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla yang meminta China tidak lagi membawa tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk dipekerjakan pada proyek-proyek investasi mereka di Indonesia.

    Menurut JK, belajar dari pengalaman masa lalu, datangnya arus besar pekerja dari China telah merugikan tenaga kerja dalam negeri.

    “Sekarang kan kalau ada investasi Tiongkok itu, ribuan dia bawa (pekerja). Saya bilang jangan begitu,” ujar JK saat menerima Wakil Perdana Menteri China, Liu Yandong, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin kemarin (27/11).

    Dia menjelaskan, solusi yang dinilai sama-sama menguntungkan adalah penggunaan tenaga kerja Indonesia. Dimana, tenaga kerja Indonesia pertama-tama diberi kemampuan terlebih dahulu supaya memiliki kompetensi sesuai standar China.

    Pemerintah China diharapkan bisa melaksanakannya untuk proyek-proyek investasi mereka selanjutnya.

    “Harus dilatih dulu. Bisa dilatih di Indonesia, bisa dilatih di China tenaga-tenaga (kerja) kita. Dan dia setuju (wakil PM China) menggunakan tahap-tahap itu,” ujar JK.

    Sumber: http://politik.rmol.co/read/2017/11/28/316249/JK-Akui-Arus-Pekerja-China-Rugikan-Tenaga-Kerja-Lokal-#.WqIzimWaQ6t.link

    —————

    Info Kemennaker: jumlah TKA membludak, mencapai 126ribu orang, meningkat 69,85% dibandingkan akhir 2016 (74.813 TKA). Mayoritas pekerja berasal dari #China. Lalu…Jokowi masih siapkan Perpres demi “permudah” TKA bekerja di #Indonesia ?

    Sedang Wakil Presiden Jusuf Kalla bertentangan dengan perpres tersebut.

    Peraturan ini membuat netizen ramai berkomentar di twitter, berikut twit mereka :

    Komentar Anda