4 fitur Video Baru Yang Menarik di Aplikasi VLC 3.0

0
10

Berita7.idAplikasi VLC, media player open-source terbaik di dunia (bisa memainkan hampir seluruh jenis format video), baru mencapai tonggak sejarah yang ke 17 tahun ini.

Aplikasi gratis telah diupdate ke versi 3.0 “Vetinari” dan dengan itu muncul daftar fitur baru yang lumayan seperti kemampuan untuk memutar video 360 derajat dan konten HDR secara native.

Anda dapat menemukan daftar lengkap penambahan fitur rinci di situs web Organisasi VideoLAN. Dilansir Mashable.com, berikut adalah 4 fitur yang paling penting di aplikasi VLC terbarunya:

1. Mendukung video HDR
Masa depan semua konten video adalah HDR (High Dynamic Range). Format video membuat video lebih banyak dengan kontras yang lebih tinggi, rentang warna yang lebih luas, dan kecerahan yang meningkat. Sederhananya: Video HDR terlihat lebih unggul dari konten non-HDR.

Ada beberapa format HDR yang bersaing. VLC 3.0 mendukung HDR10. Anda masih memerlukan TV, komputer, tablet, atau telepon yang mendukung HDR untuk memutar konten HDR10. Tapi jika Anda memiliki kedua perangkat keras dan perangkat lunak, Anda bisa menggunakan format ini.

2. Memainkan video 360 derajat


Shooting video 360 derajat tidak pernah semudah ini. Menonton dan berbagi video immersive masih terasa sangat sulit. Sampai sekarang, Anda juga harus menggunakan perangkat lunak berpemilik yang khusus untuk kamera 360 Anda atau mengunggah video ke YouTube atau Facebook yang mempunyai fitur kompresi.

Tapi sekarang tidak lagi. Sekarang Anda bisa memutar video 360 derajat Anda di VLC 3.0 dan berkeliling dengan resolusi penuh. Dan, begitu juga teman dan keluarga Anda, mereka bisa menggunakan aplikasi gratis ini.

3. Stream melalui Chromecast
Kamu punya konten banyak, berkualitas tinggi, dan Anda ingin melihat semuanya di TV dengan resolusi tinggi yang besar tanpa harus memasang kabel melalui HDMI. Bagaimana caranya?

Sederhana: Chromecast. Sejak 2016, VLC 3.0 akhirnya memungkinkan Anda dengan mudah mengirimkan konten Anda ke layar lain. Dukungan Chromecast hanya tersedia untuk perangkat Windows dan Android (macos belum didukung).

4. Pemutaran Video 4K dan 8K Berjalan Mulus
Bagi pengguna dan penggila AV(Audio Video) tinggi, VLC 3.0 juga mendukung akselerasi perangkat keras untuk video resolusi 4K dan 8K. Apa artinya itu? pemutar media dapat memanfaatkan kekuatan pemrosesan chip grafis perangkat Anda untuk membuat video dengan lancar tanpa kegagapan atau kegelisahan.

Berikut adalah 8K, 48 frame per detik, pemutaran video 360 derajat, sangat mulus menggunakan Samsung Galaxy S8:

Dan berikut dibawah video 8K, 60 frame per detik, video 360 derajat yang diputar di laptop Lenovo yang menjalankan Windows 10:

Komentar Anda