25 Tempat Wisata di Indonesia Yang Paling Sering Dikunjungi, Sepotong Keindahan Bumi Pertiwi

0
62
tempat wisata

Berita7.id, Tempat Wisata di Indonesia – Indonesia sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai negara yang memiliki keindahan dan kekayaan alam yang beragam. Tak hanya kekayaan alam saja, kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia juga memberikan nilai lebih di mata dunia. Kekayaan inilah yang menarik banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung ke Indonesia dan mengeksplorasi setiap sisi dari Indonesia yang menarik. Uniknya, setiap kali dieksplorasi, akan selalu ada hal lain yang akan membuat para wisatawan untuk berkunjung lagi. Terdiri dari banyak pulau dan kepulauan, setiap daerah di Indonesia memiliki destinasi andalannya masing-masing. Destinasi-destinasi inilah yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata tujuan utama ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia masuk ke dalam salah satu negara yang mendapat predikat negara terindah di dunia. Ya, kekayaan alam dan budaya Indonesia memang sudah diakui bahkan oleh UNESCO. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri yang membuatnya dilirik oleh banyak wisatawan, khususnya kekayaan alamnya. Kekayaan alam yang khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain menjadikan banyak tempat di Indonesia yang dijadikan sebagai destinasi wisata favorit. Tempat wisata berikut ini adalah beberapa tempat wisata favorit yang wajib dikunjungi, baik oleh wisatawan asing maupun lokal, ketika berkunjung ke Indonesia.

Daftar Tempat Wisata Favorit yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia, Mana Favoritmu?

Jangan mengaku orang Indonesia jika Anda tidak tahu tempat wisata favorit dan paling sering dikunjungi di Indonesia ini. Salah satunya pasti pernah Anda kunjungi. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba destinasi wisata andalan di Indonesia, daftar berikut mungkin bisa Anda jadikan referensi.

1. Candi Borobudur


Destinasi wisata yang membuat Indonesia terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia karena kekayaan dan budaya dan kearifan lokalnya, Candi Borobudur. Terletak di Kabupaten Magelang, Candi Hindu terbesar dan tertua di Indonesia ini tak akan gagal membuat Anda takjub. Keindahan Candi Borobudur bahkan sudah diakui oleh dunia dan masuk dalam salah satu situs yang dilindungi oleh UNESCO.

2. Gunung Bromo


Berjalan ke sisi sebelah timur pulau Jawa, sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan kearifan lokal sekaligus bisa Anda temukan disini, Gunung Bromo. Gunung yang masih berstatus sebagai gunung aktif ini tak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun internasional. Keindahan dan fenomena alam yang menakjubkan dan tidak akan bisa Anda lihat di tempat lain, bisa Anda nikmati disini.

3. Taman Nasional Baluran


Masih di ujung timur Pulau Jawa, disini Anda akan menemukan tempat wisata yang indah dan menakjubkan lainnya. Jika Anda ingin melihat padang savana ala Afrika plus satwa-satwa liar yang hidup di dalamnya, tak perlu jauh-jauh datang ke benua hitam ini. Anda cukup datang ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Disini Anda akan menemukan pemandangan padang savana khas Afrika beserta satwa-satwa liar yang saling berinteraksi seperti banteng Jawa, rusa, burung merak dan juga monyet. Sebuah destinasi yang tak boleh dilewatkan.

4. Kawah Ijen

tempat wisata Masih di daerah Banyuwangi, Kawah Ijen adalah destinasi yang juga banyak dikunjungi wisatawan baik asing maupun lokal. Disini Anda bisa menikmati keindahan kawah yang masih melakukan aktivitas vulkanik ini. Anda juga bisa melihat kearifan lokal penduduk yang mencari dan mengolah bongkahan belerang untuk kemudian dijadikan produk kecantikan.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Masih di Pulau Jawa tepatnya di ujung barat Pulau Jawa. Di Taman Nasional Ujung Kulon, Anda akan ditawarkan keindahan alam yang unik dan berbeda. Selain menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, di Taman Nasional Ujung Kulon, Anda juga bisa berkesempatan bertemu dengan salah satu satwa paling dilindungi di Indonesia, badak bercula satu.

6. Telaga Warna Dieng


Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi di Jawa Tengah adalah Telaga Warna Dieng. Disini Anda bisa menikmati keindahan pemandangan telaga yang bisa berubah warna jika terkena sinar matahari.

7. Kepulauan Seribu


Dibalik hingar bingar ibu kota, siapa sangka jika Jakarta juga memiliki potensi alam yang tak kalah indah dibanding daerah lain di Indonesia. Kepulauan Seribu adalah tempat wisata yang tepat bagi Anda yang menginginkan destinasi wisata yang tenang dengan segala keindahan kepulauan khas Indonesia. Lokasi ini juga cocok bagi Anda penggemar olahraga menyelam dan pecinta keindahan bawah laut.

8. Kepulauan Karimun Jawa


Satu lagi kepulauan di Jawa yang menjadi destinasi wisata wajib di Indonesia, Karimun Jawa. Di tempat wisata ini Anda akan menemukan keindahan tersembunyi dari karimun Jawa. Selain itu Anda juga bisa menikmati beragam kegiatan menarik.

9. Pantai Dreamland


Bali sudah bukan lagi destinasi wisata yang asing bagi para wisatawan. Namun Pantai Dreamland akan memberikan sensasi wisata yang berbeda di Bali. Dengan pemandangan pantai yang khas dari Bali, ditambah dengan lokasi yang dikelilingi batu karang dan tebing menjulang tinggi akan membuat Anda seolah berada di pulau impian.

10. Gili Trawangan


Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan merupakan salah satu bagian dari Gugusan Kepualuan Gili, Gili Trawangan menawarkan beragam keindahan dan kegiatan wisata yang tak akan terlupakan. Diving, snorkeling, bermain kayak dan berselancar adalah beberapa diantaranya. Jika berkunjung disini bersama pasangan, jangan lewatkan kesempatan mengabadikan momen romantis dengan latar belakang sunset Gili Trawangan yang menakjubkan.

11. Pulau Komodo


Masih di Pulau Nusa Tenggara, Pulau Komodo adalah tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa indah, disini Anda juga bisa melihat satu-satunya hewan purba yang masih hidup dan dilindungi, komodo.

12. Gunung Kelimutu


Masih di Pulau Nusa Tenggara, satu lagi destinasi wisata yang juga sering dikunjungi adalah Gunung Kelimutu dengan keunikan danau 3 warnanya. Destinasi ini akan membuat Anda takjub pada keindahan danau yang memiliki 3 warna berbeda.

13. Labuan Bajo


Sebuah kota di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan begitu banyak keindahan alam tersembunyi di dalamnya. Kota ini adalah sebuah kota pelabuhan, namun juga menyimpan keindahan pantai dan laut yang luar biasa indah. Jika berkunjung ke Labuan Bajo Anda tak boleh melewatkan momen romantis bersama pasangan dengan menikmati pemandangan matahari terbenam dari Labuan Bajo.

14. Taman Laut Bunaken


Para pecinta olahraga snorkeling pasti tak akan melewatkan tempat wisata satu ini, Taman Laut Bunaken. Keindahan alam bawa laut Bunaken sudah tak perlu diragukan lagi. Berbagai biota laut cantik akan memukau siapa pun yang datang kesini.

15. Taman Nasional Wakatobi


Masih di Pulau Sulawesi, tempat wisata selanjutnya adalah Taman Nasional Wakatobi juga akan menyajikan pemandangan bawah laut tak kalah menakjubkan. 25 gugusan terumbu karang membentang sepanjang 600 km, serta beragam biota laut lain, baik ikan hias maupun ikan konsumsi akan membuat Anda berdecak kagum.

16. Gunung Rinjani


Banyaknya gunung api aktif juga menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri bagi para wisatawan, termasuk Gunung Rinjani. Para penyuka kegiatan hiking tentu tak akan pernah melewatkan kesempatan mendaki puncak gunung yang masih aktif di Lombok Barat ini.

17. Tana Toraja


Selain terkenal dengan destinasi wisata alam yang indah, Indonesia juga terkenal dengan destinasi wisata budaya yang unik dan syarat akan kearifan lokal. Salah satunya bisa Anda temukan di Tana Toraja dengan beragam tradisi yang unik dan penuh makna.

18. Danau Toba


Kali ini sebuah tempat wisata yang terletak di ujung Pulau Sumatera yang juga berhasil menarik wisatawan karena keindahan alamnya, Danau Toba. Danau yang terbentuk karena letusan gunung api purba berjuta tahun lalu ini memang menyimpan keindahan yang akan membuat Anda tak berhenti berdecak kagum. Ditambah lagi adanya pulau kecil yang terbentuk di tengah danau, akan semakin menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

19. Pulau Belitung


Tak kalah dengan pulau lain di Indonesia, Sumatera juga menawarkan keindahan alam yang akan membuat Anda terpesona, termasuk Pulau Belitung. Daya tarik pulau ini adalah keindahan pantai dengan pasir putih serta air laut berwarna biru beningnya.

20. Kepulauan Kei


Terletak di sebelah tenggara kepulauan Maluku, Kepulauan Kei menawarkan keindahan laut dan pantai khas wilayah timur Indonesia. Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai Kepulauan Kei.

21. Kepualaun Derawan


Tempat wisata di Indonesia selanjutnya yang akan membuat Anda terpesona terletak di bagian utara Kalimantan. Kepulauan Derawan adalah surga bagi para penyelam yang ingin menikmati keindahan bawah laut dan kekayaan biotiknya. Kepulauan ini bahkan sudah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

22. Pulau Misool


Salah satu tempat wisata yang sedang menjadi incaran banyak wisatawan belakangan ini adalah Kepulauan Raja Ampat, salah satunya adalah Pulau Misool. Destinasi ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda para penggemar olahraga menyelam.

23. Puncak Jaya


Bagi para pecinta olahraga mendaki dan kegiatan menantang, Puncak Jaya adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Disini Anda bisa menikmati keajaiban adanya salju di Indonesia yang termasuk wilayah tropis.

24. Pulau Ora


Maluku Tengah tak pernah kehabisan destinasi untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Ora. Pulau ini sering disebut sebagai surga tersembunyi karena keindahannya yang tersembunyi dan belum banyak diekspos. Meskipun begitu, pulau ini banyak menjadi pilihan baik bagi wisatawan asing maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu berlibur. Disini Anda akan merasa seolah berada di pulau pribadi.

25. Pulau Menjangan


Bali tidak hanya identik dengan pantainya yang indah saja. Di Pulau Menjangan Anda bisa menikmati keindahan bawah laut Bali dengan keindahan terumbu karang dan biota bawah laut lainnya.

Daftar di atas hanya sebagian kecil tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Masih ada lebih banyak lagi destinasi wisata yang menarik dan indah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Tak heran jika Indonesia disebut sebagai negara surga. Ya, sebutan ini bisa Anda buktikan sendiri dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang menjadi andalan Indonesia sekaligus cerminan keindahan alam dan budaya Indonesia. Tak kalah bukan dengan destinasi wisata luar negeri? Yuk kunjungi destinasi wisata Indonesia untuk memajukan pariwisata negeri tercinta Indonesia.

Komentar Anda