Yailah! Indonesia Impor Garam? IKAPPI: Lihat Tuh, Negara Tetangga Tertawa!

0
48

Berita7.id – Disampaikan oleh Abdullah Mansyuri, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indosia (IKAPPI), dirinya amat menyesalkan sikap yang diambil pemerintah karena sudah membuka lagi keran impor terhadap garam industri sebanyak 3,7 juta ton. Terlebih, katanya, Indonesia akan menjadi bahan tertawaan negara lain karena kebijakan ini!

Baca juga1 Bungkus Rp4000, Garam mulai langka di Makassar

Begini, kata Mansyuri, Indonesia itu adalah negara dengan garis pantai yang paling panjang di dunia, dengan begini seharusnya produksi terhadap garam lebih melimpah daripada negara lain, dong!

Terus, kita masih impor? Ini, kan, ditertawakan sama negara-negara lain,” ujarnya di Jakarta, Senin, 22 Januari 2018

Diungkapkan olehnya, kebijakan ini pasti akan langsung membunuh para petani garam. Bukan hanya itu, Mansyuri menegaskan, “Ini amat mengerikan untuk kedaulatan pangan tanah air Indonesia kita tercinta.”

Daripada impor, untuk Mansyuri, lebih baik pemerintah meminta dampingan advokasi pada semua petambak garam. Kalau diperlukan, kasih modal dan beberapa teknologi penunjang yang baru, supaya panen garam bisa disimpan dan juga menjaga produksi dalam negeri!

Berdayakan petani-petani garam, maksimalkan produksi dalam negeri. Ini harus dipikirkan, agar keberlangsungan petani terjaga. Tetapi, kalau sedikit-sedikit impor, berbahaya menurut saya,” tutupnya.

Komentar Anda