Dari Kasus Gusur Kampung Akuarium, Inilah Bedanya Gubernur dan Gabener

0
54

Berita7.idAnies Baswedan, sosok yang kini menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta sudah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan segera melakukan pembangunan ulang Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara yang digusur di era pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Nantinya, pembangunan yang dilakukan akan turut serta melibatkan warga sebagai bentuk kolaborasi.

Kampung Akuarium ini justru salah satu contoh kegiatan yang dilakukan secara kolaboratif. Jadi, warganya terlibat, dari mulai awal. Di situ kita bicarakan dengan warga,” kata Anies di Balai Kota, Kamis, 18 Januari 2018 malam.

Anies juga mengatakan secara langsung, warga tidak boleh hanya dilihat sebagai kostumer, Pemprov harus turut mengajak masyarakat merembukkan bersama-sama. Keterlibatan warga amat penting adanya. Kenapa? Dikarenakan hanyalah warga yang paling tahu masalahnya sekaligus mendengar keinginan warga.

Ditambahkan juga oleh Anies, pada lokasi Kampung Akuarium nantinya akan dibangun wisata budaya bernilai sejarah dengan daerah sekitarnya. Nantinya, perancangan dan pembangunan Kampung Akuarium dan beberapa daerah di sana perlu mempertimbangkan hal tersebut.

Baca juga : TERLALU CEPAT! Anies Lunasi Janji Kampanye Rumah DP Rp 0!

Nantinya, kami ingin melakukan pembangunan di sana menjadi salah satu seperti yang ada di Kampung Akuarium. Kemudian, juga ada Sunda Kelapa dan juga Luar Batang. Ini adalah wilayah yang satu rangkaian, nantinya di masa depan, kita sudah punya rencana untuk menjadikan daerah ini sebagai wisata budaya yang punya nilai sejarah,” ujarnya.

Untuk sementara ini, Pemprov DKI sudah mendirikan shelter berupa tempat tinggal sementara yang disediakan untuk warga yang bertahan di Kampung Akuarium. Kurang lebihnya, 180 keluarga nantinya segera tinggal di shelter tersebut hingga ada bangunan permanen.

Sumber: Republika

——

Kalau dahulu kala gubernur Ahok langsung melakukan penggusuran Kampung Akuarium tanpa merasa perlu melakukan sosialisasi, beda terhadap proses pembangunan ulang Kampung Akuarium yang dilakukan oleh Anies Baswedan justru mengutamakan peran serta aktif warga.

Beda kan antara Gubernur dan Gabener…

Komentar Anda