Pendaftaran Pilkada Serentak Sah Dibuka, “Tidak Ada Calon Kompeten!”

0
0

Berita7.id – Kompetisi Pilkada serentak telah dimulai. Hari Senin, 8 januari 2018 adalah waktu mulainya pembukaan pendaftaran Balon dalam Pemilihan Kepala Daerah  sampai dengan 10 Januari 2018.

171 daerah serentak memulai pendaftarannya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat di hubungi detikcom, Minggu (7/1/2018) malam megatakan: “KPU beserta seluruh jajarannya telah siap melaksanakan tahapan pencalonan. Regulasi sudah siap, kemudian pengembangan SDM KPU daerah melalui bimbingan teknis juga sudah dilakukan, sehingga cukup siap KPU daerah untuk melaksanakan tahapan pencalonan,”

Dokumen B-KWK parpol (surat pencalonan),  dokumen B1-KWK (keputusan DPP parpol tentang persetujuan pasangan calon), dokumen B2-KWK  ( surat pernyataan tentang kesepakatan parpol dalam pencalonan), dokumen B3-KWK parpol (surat pernyataan antara parpol dengan paslon) Masing-masing calon harus membawa 4 dokumen persyaratan tersebut.

Tahapan selanjutnya 8-15 Januari pengecekan kesehatan bakal calon, setelah penyerahan 4 dokumen persyaratan di serahkan.

Hasinya akan diumumkan KPU pada tanggal 16-17 Januari 2018.

KPU akan mempublikasikan hasil pengecekan masing-masing  Balon. Sehari setelah pengecekan kesehatan di umumkan.

Akan dijelaskan secara detil, apakah Balon memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Jadi kita terukur, misalnya ada pasangan calon yang dianggap memenuhi syarat itu juga jelas karena apa. Apabila ada pasangan yang dianggap tidak memenuhi syarat itu juga alasannya apa,” terang Wahyu.

Persyaratan perbaikan diberikan pada Balon selama 3 hari, apabila belum dapat melengkapinya. Dan akan diumumkan hasil dari perbaikan itu pada 20 Januari.
Namun, KPU masih memberikan waktu jika setelah masa perbaikan pasangan calon masih belum bisa melengkapi syarat pencalonan sampai tanggal 26 Januari.

Tepat tanggal 12 Februari KPU akan mengumumkan penetapan bakal pasangan calon menjadi pasangan calon. Untuk diketahui, pada Pilkada Serentak 2018 ini ada 171 daerah yang berpartisipasi.

Dari 171 daerah tersebut, ada 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.

Beberapa Provinsi di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sumber : detik.com

Komentar Anda