Wisata Religi di Jakarta Masjid-Masjid Cantik nan Unik Ini Bisa Jadi Pilihan Destinasimu

0
218

Sudah tidak lagi berminat menjelajahi mall-mall di Jakarta? Ingin mencari suasana yg lebih nyaman serta menenangkan? Wisata jelajah masjid mampu engkau jadikan pilihan. Ibadah jalan terus, tenangnya hati serta pikiran yg jadi bonus. Berikut masjid-masjid elok di Jakarta yg siap menyambut kedatanganmu.

Masjid Istiqlal

Masjid yg terletak di Jakarta Pusat ini ialah masjid nasional terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini terdiri asal 5 lantai menggunakan selasar yg sangat luas di lantai 2. Lapisan marmer menghiasi dinding serta lantai masjid yg bergaya arsitektur modern ini. Selain itu, bila engkau mencari program-program tausiyah, Masjid Istiqlal menyelenggarakan Kajian Tauhid beserta KH Abdullah Gymnastiar setiap ahad kedua, serta Kajian menggunakan Ustadz Yusuf Mansur setiap ahad ke empat.

Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa berlokasi di kawasan Menteng. Masjid ini akan sangat ramai pada hari Minggu pagi. Selain karena terdapat Pengajian Dhuha, menjamurnya masakan enak di sini menjadi magnet tersendiri. Beragam jajanan ala Timur Tengah, hingga sajian nikmat asal tanah minang siap memanjakan perut para pengunjung. Cantiknya interior serta rindangnya suasana di sekitar masjid menyebabkan masjid ini satu dari masjid favorit untuk menggelar akad nikah juga resepsi.

Masjid Cut Meutia

Tak begitu jauh asal Masjid Sunda Kelapa, berdiri Masjid Cut Meutia. Salah satu keunikan masjid yg gedungnya didominasi rona putih ini terletak pada bangunannya yg ialah peninggalan sejarah zaman Belanda. Sebelum difungsikan sebagai masjid, bangunan ini pernah digunakan sebagai tempat kerja pos, tempat kerja jawatan kereta barah, hingga tempat kerja urusan perumahan. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Cut Meutia juga berstatus sebagai cagar budaya, lho!

Masjid Al-Munada Darussalam

Masjid ini juga terkenal menggunakan sebutan Masjid Perahu, karena di sebelah bangunan inti masjid, masih terdapat bangunan berbentuk bahtera. ‘Perahu’ tadi berisi 10 kran untuk berwudhu serta enam toilet. Keunikan tidak berhenti hingga di sini. Di dalam masjid Al-Munada juga tersimpan Al-Quran kuno berukuran 2×1,5 meter, lho!

Masjid Al-Azhar

Masjid Al-Azhar terletak di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nuansa arsitektur Timur Tengah demikian terasa menggunakan kemegahan pondasi serta penguasaan cat berwarna putih pada bangunannya. Kabar baik untuk engkau yg tertarik untuk memperdalam ilmu kepercayaan, di sini juga seringkali digelar majlis taklim, kursus bahasa, juga studi mengenai kepercayaan Islam.

Masjid Ramlie Musofa

Masjid megah yg bak Taj Mahal ini berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Dengan kumpulan budaya Tiongkok, Indonesia, serta India, masjid Ramlie Musofa menjadi satu dari masjid yg dijadikan tujuan wisata karena keunikan serta kecantikannya. Masjid ini dibangun oleh seseorang mualaf keturunan Tionghoa bernama Ramli, sedangkan Musofa ialah singkatan asal nama ketiga anaknya, yaitu Muhammad, Sopian, serta Fabian. Kalau ke Sunter, ingat ke sini, ya!

Nah, itu beliau 6 masjid unik yg terdapat di Jakarta. Selain menikmati arsitektur yg latif, engkau juga mampu memperdalam ilmu mengenai Islam. Hati bahagia, pengetahuan serta imanpun bertambah. Ada yg punya rekomendasi masjid lain untuk dikunjungi? Share di sini, yuk!

Komentar Anda