Wisata Kampung Kurcaci Destinasi Alternatif pada Purbalingga

0
54

Purbalingga, Antara Jateng – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menunjukkan destinasi wisata alternatif berupa Kampung Kurcaci, celoteh Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno.

Kampung Kurcaci ini berlokasi di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, yang berada di lereng Gunung Slamet. Di Kampung Kurcaci, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara Gunung Slamet dan rindangnya ratusan pohon damar, ucapnya di Purbalingga, Rabu.

Ia berkata sarana yang disediakan di Kampung Kurcaci, diantaranya tempat tinggal pohon dan gazebo yang tersebar di berbagai sudut destinasi wisata itu.

Dengan demikian, celoteh dia, wisatawan bisa berswafoto berasal atas tempat tinggal pohon maupun di bawah pohon damar yang tingginya mencapai belasan meter.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan pula bisa memainkan berbagai permainan tradisional mirip egrang, sunda manda, benthik, dan dakon.

Wisatawan pula bisa menikmati keindahan Curug Lawang, berkemah di 'camping ground', dan fasilitas perpustakaan Kurcaci. Bagi wisatawan yang ingin tiduran di antara pepohonan, pengelola Kampung Kurcaci pula menyediakan 'hammock' (ayunan yang terbuat berasal kain) secara perdeo, ucapnya.

Bahkan, celoteh dia, wisatawan pula akan diajak berkomunikasi bersama bahasa Jawa Krama yang waktu ini sudah poly dilupakan anak-anak.

Ia berkata bagi wisatawan yang lapar selesainya menikmati berbagai sarana nir perlu risi pengelola Kampung Kurcaci pula menyediakan santapan makan siang yang disajikan kepada sebuah tampah.

Menurut dia, hidangan santapan yang disajikan semuanya khas desa mirip nasi jagung, oseng daun renjeng, oseng welok, oseng tempe, kuluban, mendoan, dan peyek serta ikan asin yang hangat.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan bisa menikmati minuman teh yang daun tehnya dipetik berasal pekarangan lebih kurang tempat tinggal rakyat.

Yang jelas, sebagian akbar santapan yang disajikan dirancang berasal flora sayuran di lebih kurang tempat tinggal rakyat. Jadi, wisatawan akan selalu terkenang bersama kunjungannya ke Kampung Kurcaci sehingga nir bosan buat tiba balik  bersama mengajak saudara maupun rekan-rekan mereka, ucapnya.

Komentar Anda