WOW, Go-Jek Akan Melakukan Ekspansi bisnis Startup nya ke luar Indonesia

0
10

Berita7.idGo-Jek, startup pertama di Indonesia yang bernilai miliaran dolar, ingin memperluas layanan trasnportasi online nya ke tiga hingga empat negara di Asia Tenggara, dimaksudkan untuk meningkatkan persaingannya dengan Grab and Uber Technologies Inc.

Pendiri dan CEO Nadiem Makarim tidak menyebutkan negara atau layanan yang akan ditargetkan oleh Go-Jek, namun mengatakan dalam sebuah wawancara mereka akan berada di tempat dengan populasi yang besar dan ada peraturan uang tunai, yang mengisyaratkan bahwa layanan pembayaran digital Go-Jek akan menjadi bagian penting kedepannya.

Grab yang berbasis di Singapura, dibantu oleh dana besar dari SoftBank Group Corp dan China Didi Chuxing, telah mendorong secara agresif ke kawasan asal Go-Jek. Grab, perusahaan transportasi terbesar Asia Tenggara yang beroperasi di tujuh negara, dijalankan oleh Anthony Tan, mantan teman sekelas Makarim di Harvard Business School. Bagi Go-Jek, ini akan menjadi ekspansi pertamanya di luar negara asalnya.

Baca Juga : Cara Sukses Memulai Bisnis Modal Kecil

“Kami selalu bersikap defensif,” kata Makarim di Jakarta, tanpa mengatakan kapan Go-Jek akan berkembang. “Ini saatnya membawa persaingan ke depan pintu rumah mereka.”

Setelah Indonesia, Filipina, Vietnam dan Thailand memiliki jumlah penduduk terbanyak di kawasan ini, dengan populasi gabungan sekitar 270 juta. Go-Jek dan Grab telah meluncurkan layanan pembayaran digital, melihatnya sebagai cara untuk menskalakan bisnis mereka dan membangun bisnis yang berpotensi menguntungkan dengan menawarkan layanan keuangan kepada sejumlah besar orang dengan sedikit akses ke perbankan.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Kreatif Terbaru Yang Cukup Menjanjikan

“Saya pikir kita telah memecahkan model platform yang bekerja di ekonomi yang sedang berkembang dimana infrastrukturnya tidak begitu besar,” kata Makarim. “Ada kemungkinan besar kita akan memanfaatkan tumpukan penuh kita. Jika kita masuk, kita masuk dengan keseluruhan senjata. “

Komentar Anda